Penyambutan Kunjungan Tim Peneliti Gerhana Matahari Total 2016 dari University of Tokyo di Universitas Palangka

hutanDalam rangkaian peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang, maka Universitas Palangka Raya (UPR) kedatangan kunjungan tim peneliti sekaligus wisatawan dari The University of Tokyo (Jepang) yang dipimpin oleh Prof. (Emeritus) Dr. Yoichi Shoda ke kampus Universitas Palangka Raya tanggal 8 Maret 2016 tepatnya di Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian.

Dekan fakultas Pertanian UPR (Bapak Ir. Cakra Birawa, MP) mengemukan bahwa maksud dan tujuan dari kunjungan tim peneliti/wisatawan dari University of Tokyo, Japan (JISOC-SHODA GROUP) ini antara lain adalah: (1) mempererat hubungan antara kedua negara (Indonesia-Jepang) khususnya antara masyarakat peneliti dan perguruan tinggi; (2) mengetahui akan informasi update tentang Universitas Palangka dan kerjasama dengan dengan institusi di Jepang; dan (3) sebagai wahana interaksi dan pelibatan rimbawan muda (mahasiswa Jurusan Kehutanan/FAPERTA UPR) dalam penelitian tentang perilaku hewan dan tumbuhan khususnya terkait peristiwa GMT.

Selain mengunjungi kampus Universitas Palangka Raya, lokasi utama rombongan peneliti dari University of Tokyo ini akan berfokus pada areal hutan pusat reintroduksi orangutan di Nyaru Menteng untuk mengamati fenomena alam yang langka dan khas ini yang berpengaruh pada perilaku fauna dan flora di areal tersebut yang akan dilakukan bersama-sama dengan peneliti/dosen dan mahasiswa dari UPR, sebagaimana diutarakan oleh Hendrik Segah, Ph.D yang bertindak sebagai koordinator acara dimaksud.

Prof. Yoichi Shoda dalam sambutan balasannya sangat menyambut gembira suasana persahabatan dan hangatnya penerimaan civitas akademika UPR pada kunjungan mereka dalam rangkaian kegiatan GMT ini. Prof. Shoda yang merupakan ahli perilaku hewan terkemuka di Jepang juga mengharapkan kerjasama dan hubungan baik diantara negara ini dapat semakin erat di masa mendatang, khususnya antar kedua perguruan tinggi.