Pembahasan Rencana Penandatanganan MoU antara Universitas Palangka Raya dan Gifu University

Di tengah padatnya kegiatan Prof. Sulmin Gumiri mendampingi mahasiswa UPR yang mengikuti program International Project Based Learning (iPBL) 2017 di Osaka Institute of Technology, Beliau juga masih berkesenpatan menerima kunjungan  kolega-kolega kerjasama UPR di berbagai penjuru Jepang.

Pada hari kedua iPBL, Prof. Sulmin mendapat apresiasi yang begitu besar dengan kedatangan Dr. Harukuni Tachibana dari Hokkaido yang berada di bagian paling utara Jepang. Dalam pertemuan mereka, kedua peneliti senior ini membicarakan kerjasama penulisan bersama buku teks lingkungan yang sedang diajukan pendanaannya di Pro-Natura Foundation Jepang. Selain itu dibahas pula tentang kerjasama penelitian yang akan didanai oleh Toyota Foundation-Jepang. Seperti tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, pada hari keempat Prof. Sulmin juga dikunjungi oleh koleganya yaitu Associate Professor Toshiro Yamada yang datang jauh-jauh dari Gifu University.

Pertemuan kedua sahabat yang sama2 alumni Hokkaido University ini membahas tentang rencana penandatanganan MoU antara Universitas Palangka Raya dan Gifu University. Pada kesempatan ini Doktor Yamada berjanji akan berkunjung ke Universitas Palangka Raya pada bulan September 2017 ini, seraya juga mengundang Prof. Sulmin untuk melakukan kunjungan balasan ke Gifu University. Nama besar Prof. Sulmin di Jepang semakin membuka peluang lebar bagi UPR untuk memperluas kerjasamanya dengan universitas2 lain di negeri matahari tersebut.

Foto bersama Prof. Yukio Komai, Associate Professor Toshiro Yamada dan Prof. Sulmin Gumiri